Rabu, 10 Agustus 2011

Walkthrough Pokemon Emerald Hal.1

Petunjuk/Walkthrough 
Pokemon Emerald

Pada awal permainan ini kamu akan ditanyai siapa dirimu, boy (laki-laki) atau girl (perempuan) setelah itu namamu.


LITTLEROOT TOWN

Turun dari truk kamu akan disambut ibumu & masuk ke dalam rumahmu. Di dalam rumah kamu harus naik ke atas tangga ke kamarmu dan mengaktifkan jam. Setelah itu ibumu datang dan menyuruhmu ke lab. profesor tepat di selatan rumahmu. Di lab kamu tidak bertemu profesor, tanya ke asistennya dan dia berkata kalau profesor sedang keluar. Keluar dari lab, dan pergi ke rumah profesor tepat di timur rumahmu. Kamu akan disambut istri profesor yang juga ibu May. Pergi ke atas tangga dan kamu bertemu dengan May (rivalmu). Keluar dari rumah itu dan pergi ke utara dan kamu akan bertemu anak kecil yang menyuruhmu mengecek adanya suara. Pergi ke utara dan kamu akan menemui profesor dikejar oleh seekor pokemon yaitu Zigzagoon. Profesor meminta tolong padamu untuk mengambil salah satu pokeball yang ada di tasnya. Yang manapun akan mengalahkan Zigzagoon itu. Di tengah ada Torchic . Api lemah terhadap air. Bila kamu memilih ini maka May mempunyai Mudkip Di kiri ada Treecko . Tumbuhan lemah terhadap api. Bila kamu memilih ini maka May mempunyai Torchic. Di kanan ada Mudkip. Air lemah terhadap tumbuhan. Bila kamu memilih ini May mempunyai Treecko. Setelah mengalahkan Zigzagoon, profesor mengajakmu ke lab. dan memberimu pokemon yang kamu pilih. Pergi ke utara dan tinggalkan kota. 

OLDALE TOWN
pada saat masuk oldale town, kamu akan melihat orang berpakaian seperti pelayan toko. Datangi orang itu dan dia akan mempromosikan tokonya dan memberimu potion gratis. Disini ada 2 pilihan ke utara dan ke barat. Kamu masih belum boleh pergi ke barat.Pergilah ke utara. 

ROUTE 103
disini ada May dan pertarungan pertamamu melawan trainer lain. Meskipun May punya pokemon yang unggul secara elemen darimu, tetapi masih level 5 sehingga masih belum punya serangan elemen. Jadi bukan masalah, setelah mengalahkan May, kembalilah ke Oldale Town. Di oldale town, May menunggumu dan mengajakmu pulang ke LITTLEROOT TOWN.

Back to LITTLEROOT TOWN
Pulanglah ke LITTLEROOT TOWN dan pergi ke lab.. Profesor memberimu pokedex dan May memberimu 5 pokeball. Mampirlah ke depan rumah, ibumu memberimu Running Shoes. Tekan B + D pad untuk lari. Kembalilah ke Oldale Town dan pergilah ke barat.

ROUTE 102
ambil jalan bawah dan kamu akan bertarung melawan Youngster Calvin
Pokemon : 1 Poochyene Lv.5
lalu melawan
Bug Catcher Rick
Pokemon : 2
Wurmple Lv.4 & Wurmple Lv.4
pergi ke utara dan lawan 
Youngster Allen
Pokemon : 2
Zigzagoon Lv.4
Taillow Lv.4
tidak jauh dari Rick terdapat 2 buah pohon berry yaitu Oran Berry dan Pecha Berry. Ambil dan jangan lupa tanam lagi 1 buah dari setiap pohon. Agar kamu dapat memanennya lagi kelak.
kemudian ke barat lawan
Lass Tiana
Pokemon : 2
Zigzagoon Lv.4
Shroomish Lv.4
setelah itu pergi ke bawah sedikit untuk mengambil item bentuk pokeball berisi Potion. Setelah itu kembali dan pergi ke barat untuk ke PETALBURG TOWN.
PETALBURG CITY

masuklah dalam Pokemon Center dan pulihkan pokemonmu. Kemudian di pojok kanan atas sebelah PC ada reporter yang akan menanyaimu katakan "Mystery Event Is Exciting" untuk mendapatkan mystery event. Agar memudahkan mencari kata tekan select agar berubah ke mode abjad. Setelah itu keluar dan pergilah ke barat. Ada anak yang mendatangimu dan memberitahu tentang Gym. Masuklah dan temui Gym Leader Petalburg yang tidak lain adalah ayahmu. Seseorang bernama Wally akan datang dan mengatakan ingin mempunyai pokemon. Kamu akan diajak keluar dan berburu pokemon. Tangkapkan Raltz untuknya. Dan scene kembali ke Gym Center dan Wally akan pergi ke VERDANTURF TOWN. Ayahmu menyuruhmu berlatih dan mengalahkan semua Gym Leader dan akhirnya lawan ayahmu. Pergilah ke barat.

ROUTE 104
pergilah ke selatan dan battle anak yang berjalan berputar-putar di pantai
Youngster Billy
Pokemon : 2
Zigzagoon Lv.5
Seedot Lv.7
pergilah ke utara ada 2 pemancing. Temui Pemancing bertopi merah dan battle
Fisherman Darian
Pokemon : 1
Magikarp Lv.9
temui trainer perempuan bertopi di depan jalan menuju Petalburg Woods dan battle
Lady Cindy
Pokemon : 1
Zigzagoon Lv.7

PETALBURG WOODS
pergilah ke barat dan temui 
Bug Catcher Lyle
Pokemon : 4
Wurmple Lv.3 
pergilah ke timur lalu kembalilah ke selatan. Sekarang pergilah ke timur lalu ke selatan. Keluarlah dari Petalburg Woods dan ambil item pokeball kembalilah ke Petalburg Woods lewat mana saja yang kamu suka. Setelah itu ambillah jalan ke utara. Kamu akan bertemu dengan seseorang yang dikejar salah satu anggota team aqua kemudian kamu akan terlibat konflik dan battle.
Team Aqua Grunt
Pokemon : 1
Poochena Lv.9
kalahkan anggota tim aqua tersebut. Apa / siapa itu Tim Aqua? Menurutku. . . Sebuah tim berseragam biru yang mengagungkan dan menjunjung tinggi lautan dan wilayah perairan sebagai area yang jauh lebih penting dijaga dibandingkan daratan. Apa tujuan mereka? Menakhlukkan dunia dibawah organisasi mereka dengan memanfaatkan pokemon sebagai alat untuk mencapai tujuan mereka. Kalian yang pernah menonton film pokemon pasti tahu tim roket kan? seperti itulah mereka. Hanya saja tim aqua mempunyai pesaing yaitu tim magma. Ideologi mereka sangatlah bertentangan. Apa / siapa itu tim magma? Menurutku. . . Sebuah tim berseragam merah yang mengagungkan dan menjunjung tinggi daerah pegunungan dan wilayah daratan sebagai area yang jauh lebih penting daripada lautan. Apa tujuan dari tim magma? Kurang lebih sama dengan tim aqua yang kujelaskan tadi. Dapatkan hadiah dari orang yang kamu tolong, sebuah Great Ball. Great Ball adalah Pokeball yang bekerja lebih baik daripada Pokeball biasa. Lalu orang itu akan pergi. Lanjutkan ke utara lalu ke barat dan hadapi 
Bug Catcher James
Pokemon : 2
Nincada Lv.6 
kemudian ke utara ambil item Ether dan ke timur. Kamu akan melihat pohon kecil, untuk sekarang kau tidak bisa berbuat apa-apa. Kau membutuhkan HM cut untuk memotong pohon kecil itu. Keluarlah dari Petalburg Woods menuju Route 104

ROUTE 104
bicaralah pada anak kecil di dekat pohon berry dan kamu akan diberi TM-09 Bullet Seed. Ambil cherry berry dan orange berry, jangan lupa tanam. Masuklah ke dalam rumah dan ajak bicara orang-orang disana dan kamu akan diberi Wailmer Pail dan Berry. Sekarang kamu dapat menyirami bibit yang kamu tanam dengan wailmer pail ini. Pergilah ke belakang rumah dan ambil item potion. Keluar dan berjalanlah ke timur, hadapi
Rich Boy Winston
Pokemon : 1
Zigzagoon Lv.7
kemudian hadapi
Lass Haley
Pokemon : 2
Lotad Lv.6
Shroomish Lv.6
lewati jembatan. Ditengahnya kamu akan melawan si kembar, Saatnya battle 2vs2
Mia & Gina
Pokemon : 2
Seedot Lv.6
Lotad Lv.6
setelah menyebrangi danau lawan
Fisherman Ivan
Pokemon : 3
Magikarp Lv.5,6,7
kemudian bicaralah dengan nenek disebelah pemancing & kamu akan diberi Chesto Berry. Ambil buah Leppa & Cherry Berry dari pohonnya. Sebelum masuk ke Rustboro City kamu akan melihat ada pagar yang di sebelah pojok kanan tidak ada pagarnya. Lewati jalan kecil itu dan ambil item X Defend.
Untuk Hal.2 klil link dibawah ini
Hal.2

1 komentar:

Bila ada pertanyaan seputar GBA, maupun game-gamenya termasuk walkthrough/petunjuk. Silakan bertanya. Komentar apapun diterima asal sopan, kritik & saran yang membangun juga boleh. Terima Kasih...